Sabtu, 19 April 2008

"Ketika Cinta Bertasbih"; SinemArt Berangkatkan Tim ke Mesir

Jakarta-RuangFilm. Menindaklanjuti keinginan besar penulis novel Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik), rumah produksi SinemArt Pictures memberangkatkan tim ke Mesir untuk melakukan survei lokasi dan mengurus perizinan yang diperlukan pada Selasa, (15/04). Ikut dalam tim antara lain Kang Abik, Imam Tantowi (penulis skenario), Chaerul Umam (sutradara), Hendriarto (Produser), Ahmad Munif (Manajer/Adik Kang Abik), dan tim sebanyak 20 orang.

Adapun agenda lengkap selama 10 hari di Cairo antara lain, bertemu Duta Besar RI untuk Cairo, bertemu mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Cairo, Dewan Film Cairo, salah satu Production House di Cairo, Agency / Talents Management, Rental Equipment, laboratorium film, dan lain-lain. Juga menjajaki tempat-tempat yang disebutkan dalam novel, seperti pantai Alexandria, kampus Al-Azhar, pasar tradisional, dan lain-lain.

Chaerul Umam mengungkapkan, bahwa keberangkatan tersebut merupakan wujud keseriusan tim produksi untuk dapat menghadirkan suasana yang sesuai dengan cerita dalam novel. "Targetnya ya menemukan lokasi yang sesuai skenario dan cerita dalam novel. Jadi, keberangkatan kami merupakan ikhtiar untuk dapat menghadirkan suasana asli seperti dalam novel (KCB 1), karena 80% setting tempatnya berada di Kairo," ungkapnya.

Lebih lanjut, sutradara Ramadhan dan Ramona serta Titian Rambut Dibelah Tujuh ini memaparkan, bahwa selain persoalan birokrasi, perizinan dan pemilihan lokasi, tim juga akan melihat dan memilih studio/rumah produksi lokal yang dapat diajak bekerja sama sesuai kebutuhan. Karena menurut peraturan pemerintah Mesir, proses syuting harus melibatkan studio/rumah produksi lokal. "Yah, kita juga coba ngecek equipment yang dibutuhkan untuk proses nantinya, karena meski bisa saja membawa peralatan dari tanah air tapi kabarnya standar yang dipakai disana lebih bagus dan yang pasti lebih praktis."

Ketika Cinta Bertasbih merupakan film kedua yang diadaptasi dari novel laris karya Habiburrahman El Shirazy, setelah sebelumnya Ayat Ayat Cinta. (Musashi)

Tidak ada komentar: