Minggu, 04 Mei 2008

Tips Bisnis Video Editing (Pemula)

Saat ini usaha video shooting editing sudah menjamur dimana-mana. Di Malang Kota Bunga, Kota Mahasiswa, dan Kota Ruko ini banyak sekali yang membuka usaha video shooting, dari pemain besar profesional sampai tingkat mungil (termasuk saya saat ini, hiiii). Jika temen2 tertarik, temen2 juga bisa membuka usaha seperti ini sendiri.

Di sekitar/lingkungan kita secara rutin berlangsung berbagai macam acara atau seremonial, semisal acara pernikahan, sunatan, pengajian, kelulusan, ulang tahun, kerja bakti, dll. Bagi sebagian orang, mereka ingin memiliki kenangan yang bisa dijadikan media sebagai pengingat momen-momen tersebut, seperti cindera mata, foto, dan film dokumenter/video. Di sinilah peluang kita menggali potensi bisnis ini, yakni usaha jasa video shooting, edit video, transfer video ke VCD atau DVD. Sebagai informasi saja, jasa seperti itu di kota Malang, tarif jasa video shooting berkisar antara Rp 300 - 1 jutaan. Sedangkan Transfer ke VCD Rp 40-60 ribu. Kalau transfer ke DVD nambah 25 ribu. Lumayan kan. Coba kalau dalam seminggu dapat 2 job order saja (hmmm... ) :)

Nah sekarang tinggal mikir bagaimana memulainya. Sebagai langkah awal, coba dulu lakukan survey apakah usaha seperti itu sudah ada di kampung/desamu, di kecamatan, di kota? Seberapa banyak kompetitor, layakkah kita mulai dirikan?
Berikutnya, jika memang semangat pantang mundur (tak peduli dengan berapapun kompetitor) ya sudah dimulai saja. Pertama, beli buku-buku tentang Video Editing, Audio Editing, dan semacamnya.

Yang dibutuhkan yaitu:
1. Handycam + tripod, handycam bisa merk apa saja, asal masih bisa merekam dan memainkan kembali dengan bagus. Harga handycam paling murah saat ini kurang lebih sekitar 3jt an. (Mungkin ada yang lebih murah lagi) Coba aja liat-liat di plaza elektronik sebelah rumah, hehee
2. Komputer untuk transfer dan editing. Kalau modal tidak begitu besar, coba beli komputer kondisi second, sekitar 3.5 - 4.5 juta (sudah lengkap dengan fasilitas video edit/transfer seperti yang penulis maksud). Misal begini nih : CPU Pentium 3-866/RAM 128 MB x 3 keping / Hard Disk 40 GB / VGA 128 MB / CDRW / FDD / Sound Card / Monitor 15" / Printer / Aksesoris / CD Blank 100 keping (1 box); ditambah + Firewire + Snazzi (optional, komponen yg ini harga agak mahal: 600 rb - 1.5 juta)
3. Printer buat cetak cover, bisa merk apa saja asal bagus hasilnya. Misalnya saja printer yang kita beli seharga 500rban. Sekedar saran, kalo bisa sekalian yang tintanya bisa di infus, external maksudnya, menurut saya lebih nyaman aja.
Jadi kira-kira butuh dana sekitar 6,5juta. Bisa kurang atau lebih tergantung spesifikasi yang dibeli.
Kalau ada modal lebih, bisa buat beli lampu. Digunakan untuk acara yang membutuhkan tambahan lampu. Harga lampu sekitar 350rb, merk Unomat 1000watt. Tripod lampunya lupa harganya. Kalau tidak salah, sekitar 150rb an.

Langkah selanjutnya adalah mencari konsumen, yang paling baik adalah dengan mencari disekitar Anda . Misalnya saja saudara, teman, tetangga dan sebagainya. Tidak ada salahnya untuk promosi, kita shooting dengan gratis atau harga yang murah. Apabila video yang dihasilkan bagus dan memuaskan konsumen, tentunya mereka akan kembali menghubungi jika ada acara lain. Sedikit demi sedikit pasti akan banyak orang yang menggunakan jasa Anda. Dan jangan lupa menyertakan iklan usaha video shooting Anda di dalam video yang dibuat. Sehingga jika ada orang lain yang menonton dan tertarik bisa menghubungi Anda. Selain video shooting bisa juga membuka transfer video.

Untuk shooting bisa juga mengajak teman, untuk gantian. Atau bila mempunyai 2 kamera bisa dipergunakan bersamaan. Namun tentu saja Anda harus menggaji teman Anda :) Namun pada prinsipnya shooting,editing, bisa dilakukan sendirian.

Tips biar banyak yang order yaitu:
1. Kualitas video yang dihasilkan bagus
2. Harga terjangkau (murah tapi tidak murah banget)

Coba deh, semoga bisa nambah income yang bermanfaat :)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks for the posting!!!


gue sebenarnya lagi belajar editing film, hanya kurang lampu, tapi harga 350 untuk unomat didaerah mana bos, thk for reply